Senin, 30 November 2009

PLUZ+ Terbitkan Ramayana Super Deluxe untuk Bantu RA Kosasih

Diposting: Jumat, 20 Nopember 2009 / 03:56:27 | Oleh: annida

Annida-Online--Komikus sepuh RA Kosasih (91) sakit lagi. Kemarin, seniman komik wayang ini mesti menjalani perawatan lagi di RS Bintaro, Tangerang karena sakit jantung. Untuk membantu biaya pengobatan pengarang Sri Asih ini, PLUZ+ -- Pustaka Langka Untuk Semua, sebuah penerbit khusus komik -- menggalang dana. Caranya, dengan menerbitkan komik "Ramayana" karya Kosasih di tahun 1956 itu dalam kemasan super deluxe.

Gienardy Santosa, salah seorang pendiri PLUZ+ mengatakan, komik spesial ini akan dicetak terbatas. "Hanya 30 eksemplar. Biaya penerbitannya dari PLUZ+, dan nanti dana yang terkumpul dari pemesan Ramayana super deluxe ini 100 persen diserahkan untuk membantu pengobatan Pak Kosasih," ujar Gienardy.

Ia menyebutkan, setiap orang yang berkenan menyumbangkan dana minimal Rp 500 ribu (dalam satu nama) akan mendapatkan 1 eksemplar buku setebal kurang lebih 418 halaman itu. Bentuknya hard cover dengan balutan kain beludru, plus emblem dari plat di tengah-tengahnya. Nantinya, nama pemesan akan dicantumkan di halaman depan atau belakang buku, sebagai ucapan terimakasih.

Saat ini, Ramayana edisi khusus itu sedang disiapkan dan ditargetkan akan cetak akhir bulan ini serta bisa diserahkan kepada pemesan pertengahan Desember mendatang. Spesialnya lagi, buku itu dicetak berdasar karya asli RA Kosasih, yang didapat pengelola PLUZ+ dari arsip Penerbit Melodie yang pertama kali menerbitkan. Penerbit Melodie di Bandung merupakan cikal bakal komik wayang selanjutnya. Gienardy menambahkan, di penerbit Melodie itu, RA Kosasih menggarap beberapa judul yang terkenal selain Ramayana, ada juga Mahabharata sampai Pandawa Seda, Parikesit sampai Udrayana.

"Setelah tidak dengan penerbit Melodie itu, lalu Pak Kosasih bergabung dengan penerbit Maranatha, Bandung. Beliau menggambar ulang lagi beberapa judul yang tenar, seperti Ramayana, Mahabharata," tutur Gienardy yang juga putra seorang komikus Indonesia, Ganes TH.

Sementara, Penerbit PLUZ+ sejak Juni lalu telah meluncurkan komik antara lain kisah Mahabharata karya Teguh Santosa (pernah dimuat di majalah Ananda sekitar tahun 80-an secara bersambung sebagai sisipan). Lalu awal Nopember kemarin telah merampungkan cetak komik Quadrology karya Ganes TH, yg berjudul "Krakatau".

"Rencananya, pada Desember ini kami siap menerbitkan komik wayang kembali yang berjudul "Wayang Purwa" karya almarhum S. Ardisoma," ujar Gienardy, yang mendirikan PLUZ+ bareng Andy Wijaya, Arzin Irwan dan Erwin Prima Arya pada Januari 2009.

Pendirian PLUZ+ diawali oleh Andy Wijaya dengan menyewa kios di Mal Plaza Semanggi lantai 2 Blok B No. 126 Jakarta bulan Oktober 2008, dan hingga kini tetap eksis menjadi toko buku komik. Tercetus ide dalam benak Andy untuk membuat PLUZ+ agar komik-komik Indonesia bermutu dapat cepat diterbitkan dan distribusikan. Ide ini pernah diutarakan Andy saat meeting dengan teman-temannya di KomikIndonesia.com pertengahan tahun 2008, meski jalan di tempat lantaran kesibukan masing-masing. Akhirnya Andy menggandeng Arzin teman SMP-nya, dan Andy mengusulkan kepada Arzin agar mengajak Gienardy dan Erwin Prima Arya. Sebab, untuk membangun penerbitan butuh banyak hal yakni ide, pemikiran, modal juga kerja keras beberapa orang yang total. Mulailah mereka berempat membuka toko buku di Plaza Semanggi dan menerbitkan Mahabharata karya Teguh Santosa yang sudah dikerjakan sebagian oleh Anjaya Books. Dengan bantuan Gerdi WK, PLUZ+ akhirnya dipercaya oleh ahli waris penerbit Melodie dan RA Kosasih untuk mencetak ulang semua komik Melodie. [Esthi/foto: dok. Andy/PLUZ+]

Dari : http://www.annida-online.com/berita-penerbit/pluz-terbitkan-ramayana-super-deluxe-untuk-bantu-ra-kosasih.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar